Tips Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2549 Pengunjung
Setiap hal yang kita lakukan pasti ada yang pertama, termasuk dalam hal naik pesawat. Panduan ini saya tujukan buat yang baru pertama kali MAU naik pesawat. Bagi anda yang sudah sering naik pesawat, mungkin artikel seperti ini tidak ada manfaatnya, namun bagi yang pertama kali, InsyaAllah sangat bermanfaat. Artikel ini saya susun berdasarkan pengalaman pribadi dan bagi yang lebih berpengalaman, saya akan senang hati menerima masukan dan tambahan info.



Panduan ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu;
1. Beli tiket
2. Check in
3. Boarding
4. takeoff
5. Di pesawat
6. Landing
7. Transit
8. Pembatalan dan penundaan
9. Refund
10. Lain lain

1. Beli tiket 
Membeli tiket pesawat saat ini sangat mudah, anda bisa langsung membeli tiket di situs maskapai atau di situs seperti traveloka dan utiket. Jika anda tidak bisa pesan online, silahkan datang ke agent travel atau ticketing. Jasa pembelian tiket ini tersebar di berbagai kota besar dan kecil di indonesia.

Pembelian tiket ini di sarankan membeli jauh jauh hari karena harga tiket cenderung naik mendekati hari H. Tiket pesawat juga akan naik saat masa liburan, tahun baru, natal dan lebaran. Jika ingin dapat tiket murah, carilah tiket promo.

 Biasanya saat anda membeli tiket, harga belum termasuk pajak, jadi jika misalkan harganya 1jt maka sediakan uang 1.1 juta karena ada pajak 10%. Setelah anda beli, anda akan di berikan kode booking. Kode ini bisa anda cetak untuk di tunjukan saat mau cekin.

2. Check in
Inti dari check in adalah menukar kode booking dengan Boarding pass (tiket pesawat). Saat checkin ini anda juga harus membayar tax airport yang nilainya bervariasi antara 10ribu sampai 75ribu. Sekedar info, saat artikel ini ditulis,  di Bandara Adi sucipto jogja, tax bandara 35 ribu dan di Bandara Sukarno hatta 40ribu. Pembayaran biaya tax bandara tergantung maskapai. Penumpang garuda membayar saat menukar tiket sedangkan penumpang maskapai lain biasanya pas mau masuk ruang tunggu.

Jika anda ada  keperluan, misalkan mau menemui keluarga yang menunggu diluar bandara, anda bebas keluar masuk ruang tunggu tanpa harus membayar Tax Air port lagi,

Jangan membawa barang terlalu banyak karena kalau barang over bagasi maka anda akan di kenai biaya tambahan. Standarnya setiap penumpang bisa membawa antara 15kg -20kg bagasi tanpa biaya. Jika barang diatas itu maka anda akan dikenai tambahan biaya.

Ada sebagian penumpang yang ingin menghindari biaya ini dengan cara membawa koper besar kepasawat, namun biasanya petugas bandara dan maskapai akan mengecek ulang barang barang tadi dan tetap saja akan masuk bagasi dan tetap di kenai biaya.

Saat check in, jangan lupa membawa kode booking dan kartu identitas. Kartu identitas bisa SIM, KTP atau passport.  Nama di tiket harus sama dengan nama di kartu identitas. Saat masuk bandara anda dan barang bawaan anda akan di cek  ke security door. Barang barang seperti benda tajam, benda mudah terbakar dan narkoba tidak boleh dibawa. Untuk masalah narkoba anda bahkan bisa gagal terbang dan masuk penjara.

3. Boarding 
Boarding adalah istilah Naik pesawat dan persiapan pemberangkatan. Waktu boarding biasanya berkisar antara 15-30 menit tergantung bandara dan besarnya pesawat. Catatan penting disini, Jika anda berangkat jam 7 pagi, maka disarankan anda datang jam 5.30 (90 menit sebelum berangkat)  untuk checkin lalu jam 6.40 (sekitar 20 menit sebelum terbang). biasanya sudah boarding.

Mengapa proses checkin dan boarding lama? jawabannya simple karena proses menerbangkan pesawat tidak seprti angkot, bus atau kereta. Maskapai melakukan banyak hal saat boarding. misalkan mengecek jumlah penumpang, mengecek ulang apakah ada barang yang seharusnya masuk bagasi namun dibawa masuk kepesawat, menunjukan cara memakai sabuk pengaman dan memberikan petunjuk jika pesawat mendarat darurat, termasuk menunjukan kepada orang tua caranya memasang sabuk pengaman kepada anak dan bayi. Selain itu, juga menunjukan cara membuka pintu darurat bagi yang duduk di dekat pintu darurat. Proses ini memakan waktu 20menit -30 menit.



4. take off
Bagian ini adalah bagian paling krusial dalam penerbangan, bagian ini juga merupakan bagian yang beresiko. Maka pastikan anda sudah memasang sbuk pengaman dengan benar dan mematikan semua perangkat elektronik, INGAT SEMUA ALAT ELEKTRONIK DI MATIKAN.  Anda baru boleh mengaktifkan alat elektronik DENGAN MODE PESAWAT saat sudah diudara dan lampu sabuk pengaman sudah Off.

Kadang, karena perbedaan tekanan udara, tiba tiba telinga menjadi sakit atau mendengung, itu wajar, untuk menghilangkannya cukup telan ludah atau buka mulut lebar lebar.



5. Di pesawat (Fly)
Waktu penerbangan jarak pendek biasanya sekitar 1-2 jam, jarak menengah diatas 3 jam dan jarak jauh diatas 6 jam. Kalau anda mau, silahkan lihat pemandangan di luar pesawat. Jika anda bosan, anda bisa membaca majalah yang disediakan atau membaca buku yang anda bawa sendiri.

Garuda indonesia memberikan makan gratis dipesawat, namun maskapai lain setahu saya tidak melakukannya, justru menjual barang diatas pesawat. Catatan penting disini, harga barang seperti Aqua saja bisa datas 25ribu satu botolnya. maka sangat disarankan bawalah makanan, minuman atau camilan dari rumah.

Jika anda ingin ke toilet, pastikan saat kondisi lampu sabuk pengaman off, saat cuaca buruk atau lampu sabuk pengaman ON, tetap di kursi, Cari selamat. Catatan penting disini, walaupun lampu sabuk pengaman OFF, tetap PAKAI sabuk pengaman karena bisa saja tiba tiba pesawat mengalami gonjangan.

6. Landing 
Saat mau landing, sekitar 15 menit sebelumnya anda akan diberi tahu lewat speaker oleh pilot. Kencangkan sabuk pengaman dan tegakkan sandaran kursi. Rilek saat landing.

Saat mau lainding, kadang pesawat berputar putar dulu diudara, ada beberapa penyebab, namun yang paling umum adalah masalah cuaca buruk (misal hujan deras)  dan atau belum di ijinkan oleh pihak bandara untuk turun.  Santai dan rilek aja.

Jangan mengaktifkan alat elektronik apapun sampai pesawat benar benar berhenti dan anda masuk terminal. Jangan lepas sabuk pengaman sampai pesawat benar berhenti. Perlu catatan disini, keluar dari pesawat sampai keluar bandara bisa membutuhkan waktu 15-30 menit.

7. Transit 
Kadang, ketika bepergian, kita harus ganti pesawat, Saat anda mau transit, pastikan anda menuju bagian transit sesuai dengan maskapai yang anda pakai. Jika anda bingung biasanya ada petugas yang akan mengarahkan kemana anda harus menuju. Jika tidak ada yang mengarahkan, tanya security bandara atau petugas yang mondar mandir di bandara,  anda tidak akan dikenai tax bandara lagi. Anda tinggal menuju ke ruang tunggu.

8. Pe