WISATA KARIMUNJawa, keindahan BIRUNYA PANTAI UTARA PULAU JAWA

Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 1588 Pengunjung

 WISATA KARIMUNJAWA

Karimunjawa merupakan daerah yang terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Kalau dari dulu banyak orang mengenal kota Jepara sebagai gudang mebel dan ukir, sekarang Jepara juga dikenal punya tempat wisata laut yaitu Pulau Karimunjawa. Memang kota Jepara punya andalan wisata laut seperti Pantai Kartini dan Bandengan yang sudah lama dikenal. Namun Karimunjawa yang merupakan wisata dalam suatu pulau, akhir-akhir ini juga tidak kalah popular dengan kedua wisata itu. Lokasi Karimunjawa masih dalam ruang lingkup kabupaten Jepara. Cuma letaknya agak berbeda pada pulau yang terletak di tengah laut.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, Pulau Karimun Jawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Transportasi paling umum digunakan untuk ke Karimun Jawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, kapal Kartini I (kapal cepat) berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi keKarimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan 2-3 jam.

Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara terdapat Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali, lama penyebrangan kapal ekonomi ini +/- 6 jam pelayaran. perlu diperhatikan untuk jadwal kapal dari