Wisata Ke Singapura Nggak Selalu Mahal..

Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 2601 Pengunjung
Berwisata ke Singapura tidak selalu membutuhkan biaya besar. Walau dengan budget rendah, Anda tetap bisa menikmati beberapa spot menarik dan gratis di negara tetangga Indonesia ini.

Sementara bagi Anda yang tidak menyukai keramaian, Singapura juga memiliki tempat-tempat yang bisa memberi ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk warga setempat maupun wisatawan lainnya.

Berikut Kompas.com merangkum 5 tempat wisata di Singapura yang menawarkan ketenangan dan tentunya berbiaya murah.

1. Singapore Botanic Garden

Pemandangan hijau nan asri serta suasana menenangkan langsung terasa ketika menginjakkan kaki di tempat ini. Di tengah dominasi gedung tinggi dan pusat perbelanjaan mewah, Singapura ternyata masih memiliki ruang hijau yang luas. Itulah Singapore Botanic Garden (SBG).

Di dalam kawasan SBG terdapat banyak wahana dan kebun. Di antaranya adalah National Orchid Garden, Swan Lake, Jacob Ballas Children’s Garden, Eco Lake, Rafless Building, dan masih banyak lagi. SBG cocok dijadikan tempat untuk mencari ketenangan dan melepas penat.

Singapore Botanic Garden, ruang hijau di tengah kota Singapura.
Di sepanjang jalan ketika mengelilingi SBG, terdapat banyak saung dan kursi taman untuk menikmati suasana SBG. Istimewanya lagi, untuk memasuki kawasan SBG tidak akan dikenakan biaya kecuali jika ingin memasuki beberapa venue tertentu.

Untuk mencapai tempat ini, cukup menggunakan MRT menuju Stasiun Botanic Garden yang bersebelahan dengan gerbang masuk SBG.

2. Bras Basah Complex

Para pecinta buku tidak boleh melewatkan area yang satu ini. Bras Basah Complex merupakan sentral buku, seni, musik, dan literatur. Buku-buku yang dijual di Bras Basah sangat beragam, mulai dari buku baru hingga bekas. Mulai dari buku anak-anak hingga ensiklopedi.

Bahkan, buku-buku mengenai tokoh-tokoh berpengaruh Indonesia yang belum tentu beredar di Indonesia pun tersedia.

Menjadikan Bras Basah Complex sebagai tempat yang menarik untuk menenggelamkan diri dengan buku-buku menakjubkan. Harga rata-rata buku di Bras Basah pun lebih murah dibanding tempat lain di Singapura.

3. Bras Basah Road

Berbeda dengan kebanyakan wilayah pusat kota yang ramai dan hiruk pikuk, Bras Basah Road justru sebaliknya. Jalanan sepi, pepohonan rindang, dan area pedestrian yang nyaman bisa ditemukan di sini.

Salah satu bangunan berarsitektur menarik di Bras Basah Road di Singapura.
Bangunan-bangunan berarsitektur menarik menjadi pemandangan khas. Bras Basah Road bagaikan pusat dari heritage building di Singapura yang mencakup arsitektur bangunan masa lalu hingga modern.

Bangunan-bangunan yang terdapat di wilayah ini di antaranya adalah Singapore Art Museum, Cathedral of The Good Shepherd, Singapore Management University, Fairmont Singapore, dan Raffles Hotel.

4. Esplanade Park

Lokasi Esplanade Park berdekatan dengan ikon-ikon wisata Singapura seperti Patung Merlion, Marina Bay, dan Gedung Esplanade. Namun, berbeda dengan Merlion Park yang sangat ramai dengan wisatawan, Esplanade Park justru sepi. Suasana di Esplanade Park lebih tenang dan sejuk karena terdapat pepohonan dan kursi-kursi taman yang bisa disinggahi.

Esplanade Park, salah satu spot sepi untuk menikmati landmark Singapura.
Pemandangan Singapore River beserta landmark Singapura pun bisa dinikmati dari sini tanpa harus terganggu dengan hiruk pikuk wisatawan lain. Alternatif menarik bagi Anda yang tidak suka keramaian.

5. Bugis Street

Bugis Street terkenal di kalangan wisatawan sebagai tempat berbelanja souvenir khas Singapura yang murah meriah. Mulai dari gantungan kunci, mug, t-shirt, hingga goodie bag tersedia di sini sehingga setiap harinya Bugis Street ramai dikunjungi wisatawan.

Namun, kebanyakan wisatawan hanya mengetahui sedikit bagian dari Bugis Street. Bugis Street juga merupakan tempat berbelanja bagi kalangan remaja perempuan Singapura.

Tepatnya di Lantai 2 dan 3 Bugis Street, terdapat banyak toko pakaian, sepatu, tas dengan stok barang yang up to date. Suasananya pun tidak seramai lantai 1 yang dipenuhi wisatawan.

Konsep street shopping membuat Bugis Street menawarkan barang-barang yang lebih murah dibanding dengan berbelanja di mal.